Download

Cara Meng-Encode Video Dengan Sangat Mudah (High Quality)

Sebelum saya terangkan bagaimana cara encoding video menggunakan 3 software encoding yang menurut saya terbaik untuk mengkompres size video dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dari video original-nya, saya akan terangkan dulu secara singkat apa itu CLI, MeGUI, dan HandBrake.

Sebelum itu disarankan meng-install k-lite codec pack dan Avisynth terlebih dahulu.

1. CLI => adalah Command Line Interface, di mana kalian akan langsung berhadapan dengan namanya command line, kita biasanya menggunakan software yang sudah berbentuk GUI (Graphical User Interface), misalnya MeGUI dan HandBrake, kedua software encoding tersebut sudah menggunakan GUI. Kelebihan CLI adalah lebih simpel dan lebih ringan dalam menggunakannya. Dengan setting-an standar saja Anda sudah dapat meng-encode video yang Anda inginkan.

2. MeGUI => adalah software encoding yang sudah berbentuk GUI, untuk menggunakan MeGUI kalian harus men-download Avisynth.

3. HandBrake => adalah software encoding yang terbaik menurut saya untuk versi GUI, karena di samping penggunaannya yang mudah, ukuran filenya yang sangat mini, dibandingkan dengan MeGUI yang ukuran file yang lumayan besar.

Note: untuk encoding audio-nya, akan saya terangkan di bawah postingan ini, setelah selesai menjelaskan semua cara meng-encode dengan ke-tiga software di atas. 

Setelah penjelasan singat dari ke-tiga software encoding di atas, mari kita mulai untuk menjajali ke-tiga software tersebut, dan setelah Anda sudah merasakan ketiganya, Anda dapat memilih cara encoding manakah yang benar-benar sesuai dengan hati Anda.

CLI (Command Line Interface)
1. Biar enak, lebih baik Anda unduh x264 beserta settingan encode punya saya, unduh di sini.
2. Setelah Anda selesai mengunduhnya, ekstrak file tersebut, taruh file video yang Anda ingin encode ke dalam folder tersebut.
3. Lalu drag video ke file 720.batch, setelah itu akan muncul pop up window seperti di bawah:
4. Proses waktu encoding tergantung spek komputer Anda, makin mahal komputer Anda, otomatis proses encoding pun makin cepat. (Settingan encoding di CLI, memang saya menggunakan --preset slow, jadinya agak lama, tapi size bakal ter-kompres lebih kecil kalau menggunakan --preset slow, saya juga menggunakan metode CRF (Constant Rate Factor), itu adalah settingan default di x264. Saya menggunakan CRF 25, karena tahu sendiri orang Indonesia memang paling demen ukuran file yang kecil).

5. Setelah encode kelar, bisa kita lihat perbedaan ukuran file orginal dengan yang sudah di-encode, lihat gambar di bawah ini:
MeGUI
Nah, sekarang waktunya menjajal MeGUI, yaitu software encoder kedua yang akan kita bahas di sini. Sebelum itu silakan Anda unduh Avisynth terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Unduh software MeGUI terbaru di sini.
2. Setelah Anda meng-install Avisynth dan mengunduh software MeGUI, silakan klik MeGUI.exe untuk membuka aplikasi tersebut.


3.  Sekarang pilihlah menu Tools => AVS Script Creator, lalu pada Video Input browse file video yang Anda inginkan, lalu akan muncul kotak dialog, pilihlah File Indexer, nanti akan muncul kotak dialog lagi, pilihlah queue. Tampak seperti gambar di bawah:


 4. Sekarang beralih lagi ke jendela utama MeGUI, lalu pilihlah tombol config, lalu ubah settingan seperti rangkaian gambar di bawah ini:


 5. Setelah settingan selesai, jangan lupa pilih Video Output, dan beri name file dan simpan di directory yang Anda inginkan, lalu untuk memulai proses encoding, silakan tekan tombol Queue seperti gambar di bawah:
 6. Karena ini settingan --preset slow, jadi proses encoding agak lama, tapi semua tergantung dari spek komputer Anda.
7. Setelah selesai, Anda bisa lihat hasil dari perbedaan antara encode menggunakan CLI dengan MeGUI.
 Untuk 1 cara encode lainnya dapat di lihat di sini

About yakui

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.